Tuesday, March 18, 2014

Sosis Bihun

Awalnya bikin sosis bihun ini untukn snack bekal sekloah anak wedok.. namun setelah melipir ke Timlo Solo, akhirnya saya gunakan Sosis Bihun ini sebagai isian Timlo untuk MPASI anak wedok hari minggu lalu. sebenernya sih utk Timlo Solo harusnya pakainya Sosis Solo isi ayam cincang, cuman kayaknya si anak belum bisa mencerna ayam cincang maupun ayam suwir secara sempurna, maka diurungkan niat bikin sosis solo nya.. hilihhhhhhh ini alesannya emaknya yg males aja sebenernya.. bihihihihihkkk :p
yak mari saya share ya resep seadanya bikin bihun sosis pelengkap Timlo Solo MPASI..

Bahan


Kulit
  • Tepung Terigu
  • Susu Cair
  • Minyak zaitun
  • Telur
  • Unsalted Butter
Isi
  • Bihun jagung
  • wortel serut
  • keju parut
  • larutan maizena
  • bawang putih cincang

Cara membuat

Kulit
  • Campur semua bahan jadi satu, pastikan adonan tidak mrungkul, tetapi encer licin
  • panaskan butter dengan pan
  • tuang adonan sedikit demi sedikit, hingga berbentuk dadaran
  • angkat dari pan ketika warna adonan sudah menjadi kuning muda
Isi
  • Tumis bawang putih cincang dengan butter hingga harum
  • masukkan bihun yang sudah terlebih dahulu direbus hingga empuk
  • masukkan wortel serut dan keju parut
  • tunggu hingga wortel matang
  • tuangi larutan maizena, aduk hingga adonan mengental dan menyatu
isian sosis bihun


Finishing
  • Isikan isian ke dalam kulit, gulung seperti membuat risoles
  • sipakan penggorengan dan panaskan minyak zaitun
  • goreng bihun sosis hinggan kekuningan
  • angkat, tiriskan
Penyajiannya, kalo saya untuk anak wedok saya potong2 si sosis ukuran kecil2 jadi mudah dimakan sebagai snack maupun sebagai isian Timlo.. 
next nya, saya bener2 pengen bikin sosis solo isi ayam... sebenernya ibuk saya jago banget bikin makanan ini.. nanti saya berguru lah ya.. hehehhe

1 comment:

Wahyu Adi Wibowo said...

padune dalam rangka kangen timlo solo juga ituuu