Wednesday, February 26, 2014

Lilday dan BLW (Baby Led Weaning)

Sebenrnya sejak mau mulai MPASI, saya dan si Bapak sepakat untuk mengenalkan dan menggunakan metode Baby Led Weaning (BLW) pada Daira. BLW itu adalah salah satu metode makan yg lumayan banyak direkomendasikan sekarang ini.. BLW secara garis besar membiarkan anak makan sendiri sejak mulai MPASI.. makanan yg duberikan pun sudah dalam bentuk makanan padat dan melewati proses makanan cair dan pure.. Banyak keuntungannya memang.. nanti saya link kan ya tentang BLW itu sendiri.. Maka jadilah kami memulai persiapan BLW ini dengan membeli sarana dan prasarana makan berupa Booster, sejenis hi-chair tetpi lebih rendah dan mudah dibawa ke mana-mana.. 
Makanan pertama yg kami berikan pada Daira adalah potongan buah, waktu itu kalo ga salah kita kasih melon.. dan anaknya amat sangat menyukai metode ini dengan duduk manis di booster, pegang makanan dan brakot2 makanan.. berantakan dan belepotan??? sudah pasti banget.. cuman semuanya kami bawa fun.. sampai kami bawa booster nya ke Daycare, dan kami beli sebuah hi-chair untuk di rumah..
etapi ternyata ini bukan tanpa kendala, ketika di Daycare, ternyata pengasuh di sana belum mengerti metode ini dan memilih menyuapi si anak.. hmmmhh... jd si anak semacam bingung hrus pakai metode mana.. sampai akhirnya bener2 pada tahap gamau makan pulak.. ditambah lagi saat itu ada beberapa keperluan kami yg tambah menghambat kebiasaan BLW ini, hingga akhirnya kami hentikan, dan mulai melakukan metode menyuapi.. menyuapi di sini tentunya dengan posisi makan yg semestinya.. duduk dan bukan digendong atau tiduran bahkan keliling komplek yaa... dan semua menjadi lebih baik.. sampe Daira umur 9bulan dan sudah terbiasa dengan finger food..
Kami mencoba mulai BLW lagi, meskipun kali itu kami tidak berlakukan pure BLW, tapi dengan metode gabungan.. utk makanan yg tekstur lembek tetap saya suapin, tapi untuk tekstur yg padat dan dia bisa sendiri maka saya percayakan dia untuk makan sendiri..BLW kali ini pun sudah tidak kami gunakan booster atau gi-chair.. sesekali saja kami gunakan, krn Daira sudah bisa makan dengan duduk anteng dan khusyuk alhamdulillahnya.. hehehe
So far anaknya ga lupa dan amat sangat enjoy.. saya selalu suka saat2 dia menikmati makanannya sendiri dengan lahap dan pasti... hehehe..
Dear Daira, selalu makan lahap ya nduk.. ibuk akan dengan sukacita masak apapun yang kamu suka dan mau, sayangg :) :) :* :*














No comments: